Maret 11, 2011

Afghan Girl


“She remembers the moment. The photographer took her picture. She remembers her anger.”
(Cathy Newman)

Seorang gadis yang berumur 13 tahun yang dipotret oleh Steve Mc Curry di lokasi Camp Nasir Bagh, yang perada di Pakistan dekat dengan perbatasan Afghanistan pada tahun 1984. Foto ini dimuat pada majalah national geographic edisi Juni 1985.

Dia bernama Sharbat Gula, tataplah matanya yang hijau secara sejajar dan saat itu anda akan merasakan api yang menyambar dari sorot mata tersebut. dari tatapan mata itu tersirat penderitaan anak-anak yang lahir dan dibesarkan dalam kenyataan hidup yang pahit,lapar,penuh ketakutan, dan tiap saat dijala oleh rentetan peluru dan dentuman bom. Sorot mata sharbat bukan menggambarkan betapa eksotisnya etnis yang biasa dihadirkan majalah yang berbobot itu,melainkan merupakan gambaran jeritan perlawanan anak-anak Afghanistan yang meminta jaminan hari depan bagi mereka.

Steve McCurry sendiri bertugas di Afghanistan untuk meng-cover Perang Afghanistan mengusir agresor USSR ( Uni Sovyet Rusia). Sejarah telah mencatat pasukan Mujahidin dengan gemilang menumbangkan pemerintahan yang didukung Uni Sovyet, sekaligus mengalahkan pasukan Uni Sovyet Rusia. Dalam operasi ini terlibat elemen CIA, pasukan spionase Amerika Serikat.

Steve McCurry mendapatkan kesempatan memotret gadis Sharbat itu, ketika ia berada di sekolah yang memberikan pendidikan bagi anak-anak kaum pengungsi. Sharbat dikisahkan, sampai ke Camp itu setelah rombongan mereka mendaki gunung untuk meninggalkan desa mereka . Desa mereka telah disapu bersih oleh serangan senjata mesin dari helikopter. Orang tua Sharbat gugur bersama sejumlah kerabat dan orang desanya. Ia melanjutkan pengungsian bersama neneknya , sampailah mereka di Nasir Bagh  Camp.
Matanya mengisahkan trauma ketakutan dan mencari ketentraman untuk hari depan. Mata dan wajahnya berhasil menarik simpati dunia.

Sorot mata Sharbat Gula telah menarik perhatian dunia untuk memperhatikan nasib anak-anak di peperangan dan pengungsian. Foto itu telah melahirkan Organisasi Amal untuk memajukan Pendidikan Gadis dan Wanita Afghanistan.

Tidak ada komentar: