November 03, 2013

Candi Asu Sengi

Berbekal peta sederhana dari Google kami menuju tempat selanjutnya, yaitu Candi Asu. Tempatnya tidak jauh dari Candi Lumbung Sengi. Beberapa menit kami berkendara dengan sepeda motor akhirnya sampai. Candi ini terletak di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya di pinggir jalan dekat dengan sebuah Sekolah Dasar. Area candi berada di area pertanian warga.
Kendaraan kami parkir di pinggir jalan, kami berjalan beberapa meter melewati pematang sawah. Area candi dapat dilihat langsung dari jalan raya. Pagar kawat berduri mengelilingi area itu, namun pintu masuk tidak dikunci. Kami mencoba masuk dan berkeliling. Candi ini tidak begitu besar dan bagian atas sudah tidak utuh lagi, berbentuk bujur sangkar dengan lahan yang agak sempit.
Ketika kami berkeliling tampak seorang bapak berjalan dari jalan raya menghampiri kami. Ternyata bapak itu penjaga candi ini. Menurut cerita beliau candi ini merupakan candi Hindu. Nama "Asu" (Anjing) dapat berasal dari 2 kemungkinan, yang pertama dahulu memang di candi ini ditemukan arca mirip anjing (sekarang sudah hilang) dan yang kedua kata "Asu" berasal dari kata "Aso" atau "Ngaso" (bahasa Jawa) yang artinya beristirahat, kemungkinan tempat ini dulunya sebagai tempat peristirahatan.










Tidak ada komentar: