Februari 07, 2014

Museum Kereta Kraton Yogyakarta

Museum kereta kraton merupakan museum kecil yang terletak di daerah Rotowijayan atau lebih mudahnya terletak di timur Kraton Yogyakarta. Jika sedang mengunjungi kraton cobalah mampir ke museum ini, jaraknya hanya beberapa puluh meter. 
Museum ini dahulunya merupakan garasi kereta-kereta milik kraton Yogyakarta. Saat ini tersimpan banyak sekali kereta, ada yang masih digunakan ada yang tidak. Kereta-kereta kraton ini memiliki nama dan fungsi masing-masing, penggunaannya pun tidak sembarangan. Kereta-kereta tersebut hanya pada acara tertentu saja. 
Sebagian besar kereta tersebut dibuat pada masa penjajahan dulu, sehingga banyak sekali ornamen atau lambang khas eropa. Setiap kereta pasti ada tanda khusus seperti negara pembuat yang terdapat di as roda, tahun pembuatan yang berada di bodi kereta maupun interiornya, lambang keraton yang menandakan kereta ini milik sultan yang ke berapa.
Oh yaa.. sebagian besar kereta-kereta disini keramat, banyak sesaji yang dipasang di sana sini. Jadi jangan berbuat sembarangan ya :DD














Tidak ada komentar: