Februari 08, 2014

Piknik Museum : Museum Affandi








































Museum Affandi terletak di pinggir sungai Gajah Wong, atau di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta (Jalan Solo Km 5,1) adalah museum yang menyimpan hasil karya pelukis legendaris Affandi
Di museum ini tersimpan lebih dari 300 item koleksi lukisan milik pelukis legendaris ini. Dan itu belum termasuk koleksi karya seni milik kedua istri dan anak-anaknya. Di museum ini juga tersimpan banyak piagam dan medali perhargaan dari dalam dan luar negeri.
Museum ini dahulu dipakai sebagai tempat tinggal pelukis ini. Rumah ini mempunyai atap berbentuk daun pisang, dan terdiri dari dua lantai dengan lantai atas sebagai kamar pribadi Affandi yang bernuansa artistik.
Ruang pertama yang kami masuki yaitu galeri I. Di dalam galeri ini terdapat karya-karya beliau mulai dari awal hingga akhir karirnya. Pada galeri ini juga terdapat beberapa benda yang berhubungan dengan perjalanan hidup Affandi seperti sepeda ontel, mobil, sandal jepit, kuas, ember, kain, sarung bermotif kotak-kotak, kliping berita koran, dan foto-foto kenangan Affandi, bahkan pipa cangklong kesayangannya. Selain itu, beberapa piagam penghargaan yang pernah diterima Affandi semasa hidupnya.
Di Galeri II dikhususkan untuk memamerkan lukisan-lukisan karya Kartika Affandi. Namun, dalam perkembangannya, galeri ini pun digunakan sebagai ruang pamer koleksi lukisan museum dari beberapa pelukis kondang, seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Hendra, Rusli, Fajar Sidik, S. Sujoyono, Barli, Wahdi S, Bagong Kusudiarjo, Mochtar Apin, dan pelukis lainnya. Galeri ini mempunyai 2 lantai. Lantai pertama berisi lukisan-lukisan bersifat abstrak, sedangkan lantai kedua didominasi lukisan bercorak realis.
Kemudian galeri III. Lantai pertama galeri ini ini dipergunakan sebagai ruang pamer karya lukis keluarga Affandi, seperti lukisan-lukisan terbaru karya putri beliau yaitu Kartika Affandi. Dipamerkan pula lukisan Rukmini Yusuf dan Juki Affandi, dan lukisan sulaman dari kain wol karya Maryati, istri Affandi. Lantai kedua galeri ini digunakan sebagai ruang perawatan lukisan, sedangkan di lantai dasar difungsikan untuk ruang penyimpanan koleksi.
Yang terakhir yaitu Galeri IV. Galeri ini merupakan  ruang pamer berbagai lukisan karya cucu Affandi. Galeri ini terlihat menarik dengan langit-langitnya yang terbuat dari anyaman bambu.

1 komentar:

Fairus Sanii mengatakan...

kalau boleh nanya lokasi sanggarnya itu disebelah mananya ya? mohon bantuannya