Juli 12, 2013

Risan Temple
















Candi Risan, sebuah situs purbakala yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya di daerah Semin, kalau dari Jogja bisa ditempuh melalui jalur Wonosari maupun dari Klaten lewat Bayat, namun jalur ini tanjakannya lebih sulit. Kalau mau ke lokasi ikuti arah ke Semin nanti kalau sampe tanya-tanya sama warga setempat saja, tanya arah menuju candi risan atau candirejo, rutenya agak susah jelasinnya.

Sekitar 2 jam perjalanan dari Jogja, akhirnya sampai di tempat ini. Setelah sampai ternyata pintunya digembok....akkkkkkkkkkkkkkkkkkkk.... Disana ga ada pos penjaga atau tempat tiket, yaudah aku mencari orang di dekat situ. Lalu ada bapak-bapak dan kucoba tanya, ternyata orang yang bawa kunci sedang pergi...yahhhhhh :(

Terus bapaknya balik yang tanya-tanya (semacam diintrogasi..halah), tahu aku dari jauh dan pergi sendirian ketempat itu akhirnya bapaknya ngambil palu, gemboknya dirusak deh :D Horeeeeeeeeeeee......terimakasih bapak.
Akhirnya masuk ke area candi, melihat sejenak di area situs itu. Candi ini kondisinya tinggal puing batu yang berserakan. Di halaman candi terdapat dua buah makara yang biasanya terdapat di bagian pintu candi. Mencoba berkeliling, dibagian selatan candi utama ada area berbentuk persegi dengan batu yang tersusun rapi.
Di dekat pintu masuk terdapat sebuah patung yaitu patung Avalokitesvara. Setelah membaca dari berbagai sumber, ternyata patung ini hanya replika saja. Patung asli disimpan di Kantor Badan Pelestari Peninggalan Purbakala, DIY. Karena pada tahun 1984 patung asli dicuri baru setelah sembilan bulan ditemukan di Singapura. Dengan adanya patung itu candi ini kemungkinan merupakan Candi Budha.

Tidak ada komentar: