Juli 09, 2013

Petirtaan Payak









Siang itu aku melaju melewati arah JL.Wonosari menuju Piyungan, Yogyakarta. Tujuan kali ini adalah situs Payak. Lokasi tempat ini tak jauh dari Puskesmas Piyungan. Namun untuk menuju tempat tersebut tidak ada tanda/petunjuk arah sehingga dianjurkan untuk bertanya kepada warga setempat.
Beberapa menit dari Puskesmas akhirnya sampai di tempat ini. sebuah area dengan taman kecil berbentuk cekungan dan bangunan situs berada dibawah permukaan tanah. Situs Payak merupakan petirtaan, yaitu  tempat yang dulunya digunakan sebagai pengambilan air suci atau untuk mandi. Bangunan dari situs ini cukup besar dibandingkan situs-situs yang lain yang ditemukan tak jauh dari area itu.  Petirtaan ini membentuk huruf U dibagian dalam berbentuk persegi panjang membentuk sebuah bak seperti penampungan air dan disisinya terdapat lubang persegi kecil seperti tempat keluarnya air. Sedangkan di bagian atas terdapat relung yang kemungkinan digunakan untuk meletakkan arca.
Setelah mendapat informasi dari berbagai sumber, situs ini ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1970 oleh para pembuat batu bata. Di situs ini juga pernah ditemukan arca Siwa yang dulu menghuni relung di bangunan situs. Tidak hanya itu, di situs ini juga ditemukan peripih dan pecahan gerabah kendi. Sehingga diperkiraan situs ini merupakan tempat pengambilan air suci pada upacara keagamaan Hindu.

Tidak ada komentar: