Juli 09, 2013

Situs Arca Ganesha





Situs Arca Ganesha ini berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta. Untuk menjangkau lokasi ini sangat sulit karena letaknya yang tersembunyi dan tanpa papan petunjuk arah. Letaknya di sebelah selatan Candi Prambanan melewati rute menuju Candi Barong. Kondisi jalan yang saya lalui melewati rute ini sangat bagus dan kondisi agak menanjak. Ketika menemui vila besar di pinggir jalan lalu ada jalan kecil yang menanjak sangat curam berbahan semen, ikuti jalan tersebut. Sebelum pertigaan, situs itu berada di sebelah barat jalan menanjak itu. Namun kendaraan tidak bisa masuk karena pepohonan serta tanaman disitu tumbuh sangat lebat. saya memarkir kendaraan di rumah warga, agar aman dan mencoba bertanya utuk memastikan letak situs tersebut apakah benar disana.
Setelah bertanya warga kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Tumbuhan tumbuh lebat menutup rapat area ini, beberapa titik dijadikan warga sebagai lahan bercocok tanam. Jalan setapak pun sulit dicari sehingga harus menyelinap diantara rapatnya tanaman, hal ini menandakan bahwa tempat itu jarang dikunjungi. Beberapa menit berjalan akhirnya sampai. Sebuah situs dengan tinggi 2 kali  tinggi manusia yang dilindungi oleh pagar tanaman dengan pagar berduri, sedangkan pintunya tak digembok dan terbuka.
Kondisi patung Ganesha ini sudah hampir tidak berwujud lagi, yang bisa menandakan itu Ganesha hanyalah kaki, bentuk perut, dan sisa belalai yang menempel di perut.

Tidak ada komentar: