Oktober 26, 2013

Candi Gunung Sari

Gunung Sari, pertama kali sewaktu dengar nama ini saya berimajinasi tentang sebuah gunung atau bukit. Ternyata benar, perjalanan kali ini lumayan "mboyok" (capek) untuk menuju sebuah situs candi yang berada di atas ketinggian, yaitu terletak di Bukit Sari, Dusun Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Awal mula saya penasaran dengan candi-candi di daerah Muntilan-Magelang karena beberapa kali berkunjung ke daerah sana menemui papan petunjuk menuju candi. Akhirnya saya bersama seorang teman mencoba mengunjunginya. Tujuan utama kami yaitu candi-candi yang berada di wilayah sengi, namun berhubung lewat muntilan sekalian juga mampir ke sana.
Perjalanan dari jogja menggunakan sepeda motor sekitar 1 jam, sebelum pasar muntilan kami bertemu dengan papan petunjuk "Candi Gunung Sari". Kemudian kami mengikuti petunjuk itu lalu tersesat (ngga usah diceritain, panjang e.. males le nulis :D). Akhir dari perjalanan tersesat kami menemukan sebuah komplek yang ada tangga panjang, mirip makam imogiri. Berdasarkan informasi dari seorang bapak sewaktu tersesat, itu merupakan jalan masuk ke Candi Gunung Sari. 
Motor kami parkir di bawah, lalu berjalan kaki lewat tangga yang mirip makam imogiri itu. Ternyata diatas memang ada lebih banyak makam. Lha candinya dimana?. Ya sudah, kami mencoba naik lagi, namun jalan yang kami lalui bukan berupa anak tangga lagi melainkan jalan setapak yang menanjak. Rerimbunan pohon bambu cukup lebat. Karena jalan terus naik, pemandangan kota dari atas bukit semakin terlihat.
Sebuah komplek di atas bukit dengan papan Candi Gunung Sari menjadi akhir perjalanan kami. Tidak ada seorang pun yang menjaga disana. Pengunjung juga tidak ada. Pagar juga tidak terkunci. Kami memasuki area itu, sebuah situs yang kini berupa reruntuhan. Beberapa relief yang ada di puing-puing itu masih bisa dilihat. Ada juga sebuah yoni diatasnya nampak sisa-sisa bunga sesaji.
Setelah cukup berada disana, kami melanjutkan perjalanan untuk menuju candi berikutnya.





















Tidak ada komentar: