Oktober 30, 2013

Candi Ngawen





























Dari Candi Gunung Sari perjalanan kami lanjutkan. Tujuan berikutnya yaitu daerah Sengi untuk mengunjungi beberapa candi disana. Sepeda motor kami pacu menuju jalanan kota Muntilan. Namun tak jauh pasar muntilan kami bertemu lagi dengan papan petunjuk lokasi candi. Kami berbelok, mengikuti arah petunjuk itu.
Candi Ngawen itulah namanya, letaknya di Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari pasar Muntilan, hanya sekitar satu kilometer ke selatan. Jika tersesat bisa bertanya warga sekitar. Setelah sampai, kami bertemu dengan seorang bapak penjaga yang meminta untuk mengisi daftar tamu. Untuk ongkos masuk santai saja alias gratis..hehehehe. 
Candi Ngawen merupakan candi Buddha yang dibangun pada masa dinasti Syailendra pada abad ke-8. Yang menguatkan candi ini adalah candi Buddha karena di dalam area ini terdapat dua buah stupa Buddha, namun keadaannya sudah tidak utuh lagi. Menurut beberapa sumber, candi ini ditemukan oleh Belanda, yang kemudian dipugar pada tahun 1911. 

Tidak ada komentar: